Penggunaan Kompresor Udara

Penggunaan Kompresor

Tips Penggunaan Kompresor Udara – Banyak orang yang tidak tau penggunaan kompresor udara itu untuk apa. Maka dari itu berikut adalah tips yang menarik untuk pengguna kompresor udara dan bagaimana cara merawat kompresor secara efisien. Kompresor udara sendiri adalah alat mekanik yang menghasilkan udara yang memiliki tekanan dengan Teknik pemampatannya. Mesin kompresor udara/angina banyak digunakan dalam berbagai bidang dan juga berbagai perangkat elektronik yang dekat dengan kita.

 

Seperti mesin yang lain jika dipakai secara terus menerus tanpa melihat kebersihan dan keamannya, kompresor dapat mengalami kerusakan yang parah. Nah, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan dan dalam pemakaian kompresor yang baik dan sesuai dengan prosedur sehingga efisien.

 

Matikan kompresor jika sudah tidak dipakai dalam waktu 168 jam dalam seminggu, tetapi nyaris semua sistem kompresor yang bekerja biasanya mendekati kapasitas waktu kerja yang dijalankan hampir mendekati kapasitas waktu kerja. Tetapi memastikan kompresor ketika malam dan ketika akhir pekan ketika tidak digunakan akan meminimalisir beban listrik hingga 20%.

 

Tips Penggunaan Kompresor Udara

 

  1. Cek Kadar Bahan Bakar Secara Rutin

Jika kompresor membutuhkan bahan bakar solar Pastikan mengeceknya masing-masing komponen sebelum digunakan. Jika kadar bahan bakarnya rendah akan menyebabkan kerusakan yang parah pada kompresor. Tips untuk anda jika pemakaian sudah berada di antara 500-1000 Jam gantilah bahan bakar dengan bahan bakar yang masih baru.

 

  1. Bersihkan Air Filter

Air filter termasuk pada spare parts yang consumable sehingga jika lifetime atau beban kerjanya sudah habis maka diharuskan utuk segara mengganti air filternya. Tetapi jika air filter mampet sebelum lifetimenya habis maka bisa dibersihkan air filternya. Periksalah seluruh filter pada kompresor secara teratur dan menyeluruh. Jika jarang memakai kompresor disarankan untuk mengganti air filter setiap 3-6 bulan sekali (tergantung lifetimenya).

 

  1. Mengganti separator

Separator bertanggung jawab dalam menangkal pemakaian bahan bakar yang berlebihan. Tapi, bila tidak diganti secara rutin bahan bakar akan boros. Jika separator diganti secara teratur juga akan mengurangi biaya produksi.

Read More :  Cara Cek Kompresor Bermasalah

  1. Cek kebocoran kompresor

Sistem pipa yang berumur lebih dari lima tahun bisa mengakibatkan kebocoran sampai 25%. Hal ini disebabkan karena membutuhkan energi yang menghasilkan udara yang terkompresi. Masing-masing udara yang merasakan kebocoran bisa mengakibatkan keborosan. Sekitar 80% kebocoran udara tidak bisa didengar dan maka dari itu untuk meminimalisir masalah ini bisa menggunakan tim servis yang sudah handal seperti tim servis Reftech Jaya Optima.

 

  1. Periksa Drainase Air

Saluran air kondensat pada timer harus dicocokkan secara rutin untuk meyakinkan bagian ini terbuka cocok dengan kegunaannya atau tidak stuck pada saat membuka. Ganti drainase timer dengan drainase nol-loss guna menghentikan udara yang terkompresi yang terbuang.

 

  1. Jaga Kompresor agar tetap bersih

Kompresor yang kurang terjaga bisa menyebabkan kerusakan. Selalu cek dan jangan biarkan debu berkumpul pada pompa motor atau pada sirip-sirip cooler, Penumpukan debu akan menutup jalannya ventilasi yang baik dan melepaskan panas. Menjaga konser agar tetap bersih, steril, dan tertutup dengan benar sehingga mampu mengelola suhu dengan tepat dan menjaga pengoperasiannya secara lancar.

 

Nah, itulah beberapa tips penggunaan kompresor udara dan tips untuk merawat kompresor secara efisien. Untuk informasi servis dan pengecekan bisa langsung hubungi nomor kontak yang sudah disediakan.

 

Learn More : Contact Us

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× How can I help you? Available from 08:00 to 17:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday