Kerusakan Pada Kompresor Udara

Kerusakan pada Kompresor

Meskipun sudah dijaga dan dirawat dengan baik, kadang masih ada saja hal-hal yang bisa memicu kerusakan pada sebuah kompresor Angin. Seperti kebanyakan mesin lainnya, jika sebuah mesin digunakan secara intensif maka kompresor udara akan memerlukan perawatan yang lebih ekstra lagi.

 

Berikut kami rangkumkan artikel yang membahas tentang kerusakan pada kompresor udara yang sering terjadi. Sehingga anda dapat langsung memperbaikinya.

 

Kerusakan pada kompresor udara yang sering terjadi:

  1. Compressor Failure atau kegagalan pada kompresor

Kompresor udara yang tidak bisa menyala atau gagal saat start adalah salah satu masalah yang paling mendasar.

  • Kompresor gagal untuk memulai

Jika kompresor gagal untuk memulai biasanya adalah akibat dari masalah pada power supply seperti kabel daya yang terputus atau saklar yang non aktif. Sebelum mulai Pastikan periksa tombol daya dan saklar.

Selain kekurangan daya listrik, kompresor juga dapat gagal jika tidak memiliki tekanan udara yang cukup. Jika hal ini terjadi bisa periksa pengaturan tekanan masuk dan disesuaikan. Mungkin bisa juga disebabkan karena kekurangan bahan bakar. Penting untuk memeriksa atau mengganti cairan kompresor agar tangka tidak kosong.

  • Kompresor gagal untuk berhenti

Seharusnya kompresor berhenti beroperasi jika tangka sudah mencapai titik cut-off. Jika tidak berhenti secara otomatis maka bisa jadi karena katup Pelepas tekanan rusak atau saklar daya rusak.

Saat katup tidak berhasil melepaskan tekanan kompresor akan terlalu bertekanan untuk berhenti bekerja, dan ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada mesin. Dalam hal ini cut-off daya dan ganti katup. Pada kasus lainnya saklar daya yang rusak mungkin gagal memberikan sinyal pemutusan ke kontrol internal. Solusinya adalah dengan memiliki saklar yang baru.

  • Kegagalan untuk memberikan tekanan yang memadai

Jika kompresor aktif tetapi tidak menghasilkan tekanan udara apapun, bisa jadi ada masalah dengan pompa pemasukan udara. Atau ada masalah dengan gasket antara kompartemen kompresor bertekanan rendah dan tinggi.

Baca Lebih Lanjut : Service Kompresor Angin Bekasi

 

  1. Kompresor Macet

Jika kompresor beroperasi secara efisien dalam waktu yang singkat dan sering kehabisan tenaga sebelum waktunya mungkin jawabannya adalah masalah pada motor kompresor.

Kompresor juga bisa macet karena membagi porsi daya dengan mesin lain. Penyebab lainnya adalah katup unloader kompresor. Untuk mengetahui penyebab pastinya biasanya buka tangka untuk mengalirkan air dan biarkan udara yang masuk keluar. Lalu setelah itu tutup dan nyalakan kembali. Jika hasilnya tetap macet maka katup kompresor harus diganti.

  1. Kebocoran

Jika kompresor dinonaktifkan ketika tangki penuh dan melihat bahwa pengukur menunjukkan tekanan yang lebih rendah berarti kompresor mengalami kebocoran. Untuk melihat sumber kebocoran coba dengarkan apakah ada suara mendesis atau tidak.

Biasanya kebocoran terjadi saat katup tidak menutup sepenuhnya. Jika pengukur tekanan terus drop saat tangki dimatikan periksa kondisi katup dan ganti jika perlu.

  1. Tekanan dan masalah pada aliran

Masalah pada tekanan atau aliran biasanya akan lebih sukar untuk dideteksi. Mungkin mesin akan terlihat biasa saja dan bekerja dengan benar. Namun, kompresor dapat menumpuk terlalu banyak udara atau tidak ada sama sekali. Atau bisa dikatakan jika tekanan hanya dapat mencapai PSI tertentu. Untuk masalah ini suku cadang seperti katu tekanan, gasket, dan check valve mungkin terganggu. Periksa spare part tersebut dan ganti jika sudah melebihi lifetime.

 

Nah, di atas adalah beberapa kerusakan yang bisa terjadi di compressor. Tapi perlu diingat bahwa poin-poin di atas belum semua yang dituliskan. Simak bagian 2 dari Kerusakan Pada Kompresor untuk informasi lebih lanjut.

Learn More : Contact Us

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× How can I help you? Available from 08:00 to 17:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday